kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb
G

Menu Halaman Statis

Kelebihan dan Kekurangan Pada Rem Tromol

picture

Sistem rem sepeda motor dengan sistem rem tromol mekanik ini berfungsi atas dasar terjadinya sebuah gesekan antara kampas rem dengan tromol (drum) sehingga menyebabkan perputaran roda menjadi melambat sehingga bisa berhenti. 

Sistem rem tromol dengan cara mekanik ini sangat penting karena berkaitan dengan keamanan dalam berkendara. Nah maka dari itu, sistem rem mekanik atau rem tromol itu memiliki kelebihan juga kekurangan seperti berikut ini.

1. Kelebihan Pada Rem Tromol

Tidak Mudah Terkena Kotoran dan Debu

Rem tromol ini memiliki karakteristik berada di dalam, sehingga tipe rem tromol tidak mudah kemasukan debu dan kotoran jadi sistem kerjanya bagus.

Sistem Rem yang Mudah dan Harganya yang Murah

Rem tromol ini sistem kerjanya sangat mudah dan simpel sekali, serta dengan powerful bisa membuat laju kendaraan berhenti. Selain itu kelebihan rem jenis ini murah karene komponennya memakai kampas jadi tidak semahal menggunakan rem cakram.

Kinerja Pengereman yang Lembut

Rem tromol ini kinerjanya lembut saat dipakai mengerem berbeda dengan rem cakram yang ganas dengan daya akurasi tinggi. Dengan memakai sistem pengereman dengan tromol ini mampu menciptakan pergerakan penghentian/perlambatan yang lebih periahan atau lembut.

Mampu Menahan Beban Besar

Sistem rem tromol ini bisa menahan beban berat dan besar.

2. Kekurangan Pada Rem Tromol

Rem Tidak Terlalu Pakem

Maksudnya di sini disebabkan oleh sistem penghentiannya cuma memakai sistem gesekan maka hasil pengeremannya menjadi tidak terlalu pakem dan Instan, tidak seperti pada sistem rem cakram.

Tidak Enak Dipandang

Jika dibandingkan rem cakram yang modis penampilannya kalau rem tromol ini dalam segi keindahan kurang karena di dalam rem tromol terdapat tuas yang mengganggu objek mata melihat bulatnya ban.

Jarak Pengereman Jauh

Jika dibandingkan rem cakram maka rem tromol ini jarak pengereman lebih jauh, disebabkan oleh prinsip kerjanya hanya mengandalkan gesekan, berbeda pada rem cakram dengan sistem menjepit.

Perlu Perawatan Berkala

Meskipun keuntungan rem tromol ini tertutup tidak bisa dimasuki kotoran ataupun air. Namun di sisi lain, jika sisa kampas yang menumpuk di dalam tidak bisa keluar dengan mudah akibatnya membutuhkan pembersihan secara berkala agar tidak mengganggu fungsi rem.

5. Mudah Panas

Rem tromol ini mudah panas disebabkan oleh konstruksinya yang tertutup tidak memungkinkan proses pelepasan panas maksimal. Sehingga sangat memengaruhi kemampuan pengeremannya.

Related Posts

Related Posts