kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb
G

Menu Halaman Statis

Memahami Isi, Jenis, dan Pokok Informasi dalam Ceramah

Memahami Isi, Jenis, dan Pokok Informasi dalam Ceramah
Freepik/author/freepik

Informasi bisa didapatkan saat mendengarkan ceramah. Ceramah memiliki persamaan dengan pidato,  yaitu pengungkapan pikiran melalui ujaran dengan caracara tertentu di hadapan orang banyak.


Namun, terdapat pula perbedaannya yang terletak pada komunikasi antara pembicara dengan pendengar. Ceramah sering terjadi komunikasi timbal balik atau komunikasi dua arah Adapun, dalam pidato ketika sedang berlangsung komunikasi cenderung tenadi satu arah dan pembicara ke pendengar.

Memahami Isi Ceramah

Ceramah pada umumnya merupakan pidato yang bertujuan untuk memberikan petunjuk dan nasihat-nasihat, sementara terdapat audiens yang bertindak sebagai pendengar.

Ceramah dapat diartikan pula sebagai bentuk dari dakwah, yang artinya menyampaikan ajaran, nasihat, dan mengajak seseorang untuk melakukan kebaikan.

Ceramah sering dilaksanakan dengan waktu yang tidak ditentukan, dapat kapan saja, tidak ada rukun dan syaratnya, tidak memiliki tempat khusus dan waktu tidak dibatasi.

Adapun ciri-ciri ceramah antara lain sebagai berikut.

  1. Merupakan keterampilan berbahasa satu arah.
  2. Berbicara secara berdiri di depan orang banyak.
  3. Merupakan kegiatan pasif reseptif.
  4. Biasanya dilakukan dalam keperluan belajar mengajar klasikal.

2. Mencermati Jenis Ceramah

Ceramah dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut.

Ceramah Umum

Ceramah umum merupakan pidato yang memiliki tujuan untuk memberikan nasihat masyarakat, luas atau kepada khalayak umum. Adapun secara keseluruhan, ceramah umum memiliki sifat menyeluruh tidak terdapat batasan-batasan apa pun, baik dari materi dan audiens yang tua maupun muda tidak ditentukan sesuai dengan acara.

Ceramah Khusus

Ceramah khusus memiliki tujuan untuk memberikan nasihat-nasihat pada khalayak tertentu dan memiliki sifat knusus, baik itu materi maupun yang lainnya. Batasan-batasan yang dibuat dalam ceramah khusus, mulai dari materi yang menyesuaikan dengan keadaan dan audiens yang sesuai dengan yang diinginkan.

3. Mencatat Pokok Informasi Ceramah

Guna memperoleh informasi, pesan, dan gagasan tentang permasalahan faktual dalam ceramah, diperlukan keterampilan. untuk mencatat pokok-pokok isi ceramah.

Langkah-langkah mencatat pokok-pokok isi ceramah adalah sebagai berikut.

  1. Mendengarkan ceramah secara cermat.
  2. Mencatat nama acara dan nama pembicara yang memberikan ceramah.
  3. Mencatat pokok-pokok isi pidato ceramah.
  4. Menemukan pokok-pokok ceramah pada setiap paraton (paragraf lisan).
  5. Menuliskan pokok-pokok isi ceramah dalam kalimat-kalimat pendek dan lengkap.

Related Posts
Newest Older

Related Posts