kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb
G

Menu Halaman Statis

Langkah - langkah Cara Menyusun Teks Iklan dengan Benar

Langkah - langkah Cara Menyusun Teks Iklan dengan Benar

Teks iklan harus dibuat semenarik dan sekreatif mungkin, tujuannya untuk mengarahkan perhatian sasaran iklan tertarik dengan produk barang, jasa, atau acara yang ditawarkan, membuat sasaran iklan berhasrat memiliki produk yang ditawarkan, dan melakukan tindakan yang diharapkan. 

Teks iklan disusun tidak hanya berupa teks menulis teks iklan bukanlah hal yang sederhana, Sehingga untuk menyusun teks iklan perlu memperhatikan beberapa kriteria iklan, yaitu perhatian (attention), minat (interest), kebutuhan (desire), keyakinan (conviction), dan tindakan (action). 

Dalam merencanakan membuat teks iklan yang baik, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut. 

  1. Mencari tahu siapa sasaran iklan dan bagaimana seleranya. 
  2. Mengetahui seluk beluk produk serta keunggulan yang akan ditonjolkan, seperti dari segi manfaat, harga, kenyamanan, dan sebagainya. 
  3. Meskipun berisi pujian, tetapi harus tetap jujur, objektif, dan jelas/ komunikatif. 

Selain memperhatikan beberapa hal tersebut, untuk menulis teks iklan yang baik Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut. 

1.Mendeskripsikan Objek Teks Iklan 

Tentukan objek (barang, jasa, atau kegiatan) yang akan diiklankan, misalnya sepeda, rumah, komputer, lowongan pekerjaan, atau layanan masyarakat. Sebelum membuat teksiklan, deskripsikan terlebih dahulu objek yang akan diiklankan agar informasi yang disampaikan lengkap. 

Kita juga harus mempelajari produk yang ingin diiklankan dan mengetahui produk pesaingnya, kemudian kumpulkan ide-ide menarik dan kreatif. Kita juga dapat menambahkan gambar-gambar hasil kreasi sendiri. 

2. Menentukan Media dan Bentuk 

Pemasangan Teks Iklan Agar penyampaian iklan dapat mencapai sasarannya, pengemasan dan penyajian iklan harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti sasaran, media, tempat dan daya pemikat yang diusung oleh sebuah iklan. 

Pemasangan iklan itu sendiri dapat dilakukan dalam berbagai bentuk (langsung atau tidak langsung) dan dengan berbagai media (elektronik dan cetak). 

3. Mencatat Isi Pesan yang Ingin Disampaikan 

Tentukan maksud dan tujuan membuat teks iklan, teks iklan harus memuat pesan yang jelas sehingga membuat pembaca merasa penasaran, bersedia menghubungi, melakukan pembelian, atau bertanya tentang produk. 

Tulislah isi pesan tersebut menggunakan pilihan kata yang tepat, menarik, dan sopan sesuai gaya bahasa iklan yang cenderung persuasif. Pilihan kata tepat, menarik, dan sopan dimaksudkan agar kata-kata tersebut mampu menarik perhatian sasaran iklan.

Isi iklan harus jujur, menarik, jelas, dan tidak bertentangan dengan produk lain. Bahasa iklan pun harus singkat, padat, mudah dipahami, dan berkonotasi positif 

4. Menetukan Judul Teks Iklan

Judul membangkitkan keingintahuan sasaran iklan, judul teks iklan dapat berupa nama produk, jasa, atau kegiatan. 

Buatlah judul semenarik mungkin untuk menggugah minat sasaran iklan. 

5. Menyusun Kerangka Teks Iklan

Apabila objek iklan telah Anda tentukan, susunlah kerangka teks iklan. Kerangka ini berguna agar kita dapat menyusun isi teks iklan secara tepat dan efisien. 

Kerangka karangan teks iklan disusun berdasarkan struktur pembangun teks iklan. 

6.Membaca dan Meneliti Kembali Teks Iklan

 

Apabila teks iklan yang kita susun telah selesai, teliti dan cermati kekurangan teks iklan tersebut. Perbaiki teks iklan tersebut sebelum kita ajukan ke media pemasangan iklan. 

Related Posts

Related Posts